Senin, 11 April 2011

Syaraf kejepit..................

Syaraf kejepit merupakan istilah awam yang sering kita dengar.........apakah itu?????
Dalam dunia kedokteran istilah diatas dimaksudkan adalah hernia Nucleus Pulposus ( HNP )
Hernia nukleus pulposus ( HNP) ,merupakan salah satu penyebab munculnya keluhan nyeri pinggang bawah.
HNP,adalah suatu keadaan dimana nucleus pulposus keluar melalui anulus fibrosus dan mengadakan penekanan pada struktur di sekitarnya.
Bahasa sederhananya barangkali seperti ini, bantalan ( discus) dari tulang vertebra ( tulang punggung) menonjol keluar dari lokasi normalnya dan menekan jaringan sekitarnya.
HNP dapat terjadi pada vertebra cervikalis ,vertebra Thoracalis , vertebra lumbalis . Resiko terjadinya HNP diperbesar oleh faktor usia, dimana dengan bertambahnya usia maka akan meningkat proses degenerasi, akan terjadi perubahan stuktur dan kandungan air anulus fibrosus dan nucleus pulposus ( bantalan tulang ).Lokasi vertebra yang paling sering terjadi adalah daerah lumbal ( L4-L5, L5-S1 ), yang kemungkinan disebabkan oleh karena daerah lumbal mempunyai derajad kebebasan gerak yang lebih besar disamping beban aksial yang diterima juga lebih besar.
Penderita HNP biasanya mengeluhkan adanya nyeri, kesemutan, baal, dan kelemahan. Untuk memastikan apakah itu adalah HNP, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.






..................





        

1 komentar: